Filosofi Teras - Henry Manapiring (Review Buku)

FILOSOFI TERAS.

Filsafat Yunani-Romawi Kuno Untuk Mental Tangguh Masa Kini.

šŸ“ @manampiring

Membahas ilmu filosofi yang berat namun terasa ringan.

#FilosofiTeras ini berasal dari Yunani-Romawi yang sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Awalnya saya mengira ini buku serius, ternyata memang benar serius, tapi gaya penulisan Oom Henry yang jenaka berhasil membuat buku ini terasa mudah diserap.

Inti buku ini ttg Filosofi Teras yg penerapannya bertujuan membebaskan diri dari emosi negatif dan menjadikan diri lebih bijak dalam kehidupan, yang akhirnya kita bisa hidup dengan tenteram, jauh dari kegelisahan dan kekhawatiran.

Filosofi ini bukan hanya konsep abstrak teori ini itu bla bla bla, tapi lebih pada praktik realistis yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Bacaan ini semakin sempurna
karena adanya survey dan pandangan para ahli. Sehingga, aku sebagai pembaca merasa buku ini bukan hanya dari satu sudut pandang, yaitu si penulis, tapi juga pandangan masyarakat dan para ahli.

Siapapun harus mem #bacabukuini , krn buku ini, filosofi teras ini, dapat dibaca untuk semua yang ingin hidupnya jauh dari emosi negatif, kecemasan, kekhawatiran, galau, gundah, gulana, marah, semua-mua, coba sebutin semua emosi negatif, dan semua akan terhindar.




"Some things are up to us, some things are not up to us" , Epictetus [Echiridion].

"Ada hal-hal di bawah kendali (tergantung pada) kita, ada hal-hal yang tidak di bawah kendali (tidak tergantung pada) kita.".

Kalimat di atas adl kalimat paling melekat selama aku mem #bacabukuini.

Di bab ke-4, DIKOTOMI KENDALI, menjelaskan bahwa kekayaan, reputasi, kesehatan, dan opini orang lain adl hal yg tidak dibawah kendali kita. Sedangkan yang di bawah kendali kita adl pikiran, opini kita, persepsi, dan tindakan kita sendiri.

Penasaran kan?!

Lalu bab selanjutnya, kita diajak unt fokus pada hal-hal di bawah kendali kita, utamanya persepsi kita dalam segala hal. .

"..pada dasarnya semua emosi dipicu oleh penilaian, opini, persepsi kita. Keduanya saling terkait, dan jika ada emosi negatif, sumbernya ya nalar/rasio kita sendiri.".

Problematika yang ditulis Oom @manampiring di buku ini udah paling real banget.

Yang paling aku suka, buku ini menjabarkan langkah-langkah penerapan #filosofiteras unt kehidupan sehari-hari. 
Aaahh.. ga usah dijelasin panjang lebar ya.. langsung aja #bacabukuini . Intinya buku ini luar biasa!!!!!



Post a Comment

0 Comments