Matching and Mirroring



terkadang setelah kita ngobrol sama orang yang baru kita kenal atau temen sendiri atau bahkan keluarga, kita suka merasa ga asik ngobrolnya, terkadang kita mikir ga nyambung, yah intinya ga seru. Banyak dari kita mengira itu terjadi karena beda opini, kesukaan, dan selera,dll. Tapi ternyata bukan semata karena hal itu lho.. ternyata lebih karena kita suka tidak sadar akan body language yang kita ekspresikan. 


Disaat kita berkomunikasi face to face, macthing and mirroring sangat membantu kita untuk bisa menjalin komunikasi yang lebih baik. Tujuan kita melakukan matching and mirroring ini disaat kita sedang berkomunikasi dengan orang lain adalah untuk membangun hubungan yang kuat dan kepercayaan, sehingga pesan yang kita sampaikan akan diterima lebih baik.


Kita sering bertemu dengan orang-orang baru, tapi hanya beberapa orang yang dapat kita ingat. beberapa orang yang kita ingat itu bukan karena adanya persamaan pandangan atau ide semata, tapi karena adanya pengaruh body language yang membuat kita lebih nyama. Body language yang paling baik disaat kita berkomunikasi face to face adalah matching dan mirroring. Karena dengan melakukan matching dan mirroring disaat kita berkomunikasi maka akan terbentuk kesamaan, sehingga komunikasi akan lebih positif karena lawan bicara kita akan merasa "saya suka dengan orang ini, saya memiliki kesamaan dengan orang ini", walaupun bukan konten atau isi pembicaraan tapi kesamaan body language yang terbentuk.



Matching and mirroring dibagi menjadi dua, body and speech, saat kita berbicara dengan orang lain, usahakan kita mengharmonisasikan bahasa tubuh yang dibentuk. Selanjutnya, coba untuk menyimak kecepatan lawan bicara kita, lalu coba kita cepatkan atau perlambat cara kita berbicara, apakah lawan bicara kita mgnikuti. kalau mengikuti berarti tujuan anda matching dan mirroring telah anda lakukan dengan baik, jadi apapun yang anda katakan, akan menjadi sangat positif tersampaikan pada lawan bicara anda.Anda bisa mempengaruhi dan bahkan mengajak.



Ini sangat sering dilakukan oleh para marketing, politisi. Ini sangat bermanfaat, dengan menguasai matching dan mirroring ini, anda akan dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Jogi Hutabarat - Hak Kucing Untuk Tetap Hidup

Tips & Triks Tetap Sehat Saat Jajan (Sepulang dari Luar Negeri)

Jangan Dikira Enak Jadi Orang Yang Penuh Semangat!